Alasan Pentingnya Mengetahui Perubahan Algoritma Search Engine

By | April 6, 2024
Spread the love

Dengan adanya algoritma Google yang sering berubah membuat sebuah website yang menggunakan SEO harus dapat dioptimalkan. Yang menjadikan para digital marketer merasa takut adalah karena algoritma pada mesin pencarian sehingga membuat banyak orang memilih menggunakan jasa SEO karena dianggap mampu memahami algoritma terbaru.

Apa Itu Algoritma Google

Algoritma Google adalah sebuah sistem yang terdapat pada Google yang secara kompleks mengambil data lalu secara cepat memberikan hasil terbaik bagi penggunanya. Kombinasi algoritma digunakan oleh Google untuk memberikan peringkat pada halaman web.

Google yang sebelumnya melakukan pembaruan setiap tahunnya walaupun sedikit demi sedikit namun sekarang pembaruan Google dapat dilakukan kapan saja. Dengan adanya pembaruan tersebut Google ingin menciptakan sebuah pengalaman pengguna yang baik.

Pentingnya Mengetahui Perubahan Algoritma Google

Update dengan Konten Terkini

Update terbaru yang dikeluarkan oleh Google tak jarang dapat mempengaruhi ranking pada SERPs. Dengan Anda memahami dan juga mengetahui tentang update terbaru pada algoritma Google maka Anda bisa menjadi tahu tentang sistem Google.

Anda harus memperhatikan update ini karena Google bisa melakukan perubahan dalam hitungan hari, minggu, bahkan bulan.

Relevansi Konten

Konten-konten yang berada pada website harus sesuai dengan prinsip-prinsip SEO. Karena hal tersebut Anda harus paham terhadap algoritma pada sebuah konten yang sesuai. Sebuah konten pada website yang relevan akan membuat website Anda berada di halaman pertama pada Google.

User Experience yang Meningkat

User experience yang baik dapat mempengaruhi posisi website pada mesin pencarian. Jika terdapat sebuah konten yang tidak relevan maka akan terjadi peningkatan bounce rate secara otomatis.

Baca juga : Seberapa Penting SEO Dalam Pemasaran Online?

Risiko Mengabaikan Perubahan Algoritma

Sebagai sebuah bisnis yang mengandalkan pemasaran digital tentunya tidak boleh mengabaikan perubahan algoritma. Karena jika algoritma berubah maka hal-hal yang dapat menentukan visibilitas dan juga jangkauan akan ikut berubah sehingga nantinya akan berdampak pada kesuksesan sebuah website.

Risiko terbesar yang bisa didapatkan jika mengabaikan perubahan logaritma yaitu visibilitas dan juga jangkauan akan menurun. Misalnya sebuah website yang tidak dioptimalkan maka peringkat akan turun sehingga traffic yang didapatkan juga lebih sedikit.

Begitu juga dengan profil yang tidak dioptimalkan pada algoritma terbaru maka pengguna yang dijangkau akan lebih sedikit. Sehingga hal ini akan berakibat pada penurunan penjualan, prospek, ataupun kinerja lainnya.

Risiko lain yang didapat adalah akan tertinggal dari pesaing. Karena tidak dapat beradaptasi dengan perubahan algoritma maka akan mengalami kesulitan yang akhirnya pangsa pasar akan menghilang dan kesuksesan juga menurun secara keseluruhan.

Manfaat Beradaptasi dengan Perubahan Algoritma

Manfaat yang bisa didapatkan jika mampu beradaptasi dengan perubahan algoritma adalah dapat memaksimalkan jangkauan dan meningkatkan visibilitas. Untuk meningkatkan peluang agar dapat muncul pada peringkat teratas mesin pencari Anda harus dapat mengoptimalkan konten untuk algoritma terbaru. Sehingga nantinya dapat meningkatkan traffic yang akan berakibat pada peningkatan penjualan dan juga pendapatan.

Rancangan algoritma hanya akan menampilkan konten yang relevan bagi pengguna. Dengan pengoptimalan konten algoritma ini maka peluang untuk dapat menjangkau pengguna melalui pesan yang tepat bisa ditingkatkan.

Manfaat terakhir tentunya akan membantu bisnis Anda tetap terdepan daripada pesaing. Ada banyak manfaat yang didapatkan yaitu meningkatnya visibilitas, penargetan, dan juga keunggulan kompetitif. Tentunya dengan terus menggunakan strategi yang sesuai sehingga bisnis dapat memaksimalkan strategi pemasaran dan mendapatkan kesuksesan.

Baca juga : Tips Membuat Perencanaan Bisnis Digital Yang Efektif

Cara Algoritma Google Bekerja

Cara algoritma bekerja belum diketahui bahkan oleh dunia sekalipun. Namun terdapat dua alasan bahwa Google tidak memberi tahu cara algoritma Google tersebut bekerja karena rahasia perusahaan yang nantinya dapat mengurangi nilai jika disebarkan.

Banyak orang yang akan melakukan eksploitasi dan juga mengatur sistem dari Google hanya demi kepentingan individu mereka. Dengan begitu justru akan dapat menimbulkan persaingan dan apa yang user inginkan tidak akan didapatkan.

Karena cara kerja yang tidak dapat diketahui tersebut membuat orang-orang berlomba agar mendapatkan hasil yang terbaik dan nantinya mendapatkan posisi pertama pada Google. Cara kerja algoritma dapat diperkirakan oleh beberapa praktisi SEO walaupun caranya tidak pernah dipublikasikan.

Tips Menjadi Ranking Pertama Google

Relevansi

Website-website terbaik akan ditampilkan pada halaman pertama Google dengan sebuah kata kunci yang tepat. Dengan melakukan optimasi On Page maka sebuah relevansi website akan dibuat sesuai dengan yang dinginkan pengguna.

Meaning And Intent

Kunci dari algoritma Google adalah dapat memahami dan juga mengetahui yang diinginkan oleh mesin pencari. Walaupun ada beberapa orang yang mengira bahwa kunci yang terdapat pada halaman pertama harus fresh, penggunaan bahasa yang tepat dan juga didukung oleh faktor-faktor lain.

Kualitas

Kualitas pada sebuah konten akhir-akhir ini dapat menjadikan kunci untuk sebuah website berada di rangking pertama pada Google. Setiap konten yang Anda buat untuk website harus berkualitas dan juga dituntut untuk rajin dalam mengupdate konten.